Prediksi Bola Sea Games 2017, Indonesia vs Malaysia

Prediksi Bola Indonesia vs Malaysia
PREDIKSI Indonesia vs Malaysia: Jangan Termakan Provokasi!

Prediksi Bola, SEAGAMES 2017 MALAYSIA - Semifinal SEA Games cabang sepak bola menghadirkan duel Indonesia vs Malaysia, di Stadion Shah Alam, Sabtu (26/8) pukul 19.45 WIB. Rivalitas panjang kedua kubu menjadikan partai ini dipastikan berjalan dengan tensi tinggi.

Timnas Indonesia U-22 meraih tiket semifinal setelah menang atas Kamboja pada laga pamungkas Grup B, Kamis (24/8). Pasukan Luis Milla menang 2-0 atas Kamboja berkat sontekan Ezra Walian dari dalam kotak penalti dan tembakan spektakuler Febri Hariyadi. Sementara Malaysia lebih dulu memastikan lolos ke empat besar usai jadi juara Grup A, dengan mengalahkan Laos 3-1 pada Rabu (23/8).

Jelang duel akbar ini Malaysia lebih diuntungkan dari berbagai aspek. Selain predikat tuan rumah, mereka juga punya waktu istirahat sehari lebih banyak. Lagi pula jumlah pertandingan di Grup A lebih sedikit karena berisi lima negara, berbanding enam kontestan yang ada di Grup B.

Dari empat laga di fase grup A, Malaysia sukses mencetak 10 gol dan kebobolan empat kali. Sementara Indonesia berhasil mengoleksi tujuh gol dan hanya kebobolan sekali dari lima pertandingan di Grup B.

Tapi Garuda Muda patut waspada penuh lantaran harus tampil tanpa tiga pilar utamanya. Hansamu Yama, Muhammad Hargianto dan Marinus Wanewar terpaksa absen di semifinal karena akumulasi kartu kuning. Hansamu merupakan kapten sekaligus tembok kokoh di lini belakang, sedangkan Hargianto dan Marinus masing-masing sudah menyumbang satu gol di fase grup.

Meski demikian pelatih timnas Malaysia U-22, Ong Kim Swee, mengaku sangat mewaspadai Indonesia. Bahkan ia menyaksikan langsung di stadion saat Indonesia mengalahkan Kamboja 2-0. Menurutnya kemenangan 3-0 Malaysia atas Indonesia di kualifikasi Piala Asia U-23 di Bangkok, 19 Juli lalu, tak bisa dijadikan patokan.

“Kami tahu Timnas Indonesia bertambah baik. Di Grup B mereka sukses menahan Thailand dan Vietnam. Itu menunjukkan kami tidak boleh anggap remeh mereka,” ujar Kim Swee dikutip dari Utusan.

Di satu sisi, Luis Milla ingin para pemain Indonesia tidak terbawa suasana big match saat lawan Malaysia. Menurutnya penting bagi para pemain untuk menganggap duel nanti sama seperti pertandingan lain.

“Saya pikir semua pertandingan seperti final. Jadi, kami akan hadapi seperti laga lain, sama saja,” ujar pelatih asal Spanyol itu.

Perkiraan Starting Line-up Indonesia

Kedalaman skuat yang cukup mumpuni membuat Luis Milla tidak begitu dipusingkan dengan absennya tiga pemain di laga nanti. Tanpa Hansamu Yama, Milla kemungkinan besar menduetkan Andy Setyo dan Ricky Fajrin di lini belakang.

Kembalinya Rezaldi Hehanusa setelah menjalani hukuman akumulasi kartu kuning juga menjadi tambahan berarti di posisi bek kiri. Sementara bek kanan agaknya akan diisi I Putu Gede ketimbang Gavin Kwan Adsit.

Sementara di tengah, untuk mengganti Hargianto yang cedera Milla bisa memainkan Hanif Sjahbandi di pos gelandang bertahan, melengkapi Evan Dimas dan Septian David Maulana di lini sentral. Mereka besar kemungkinan akan diapit Febri Hariyadi dan Saddil Ramdani di kedua sayap.

Untuk lini depan, absennya Marinus Wanewar membuat Ezra Walian jadi opsi tunggal untuk mengisi pos ujung tombak.

Sedangkan di bawah mistar gawang, nama Kurniawan Kartika Ajie cukup berpotensi kembali jadi pilihan utama.

Prediksi Bola Terakurat Pemain Kunci


Evan Dimas (Indonesia)


Kualitas Evan Dimas dalam beroperasi di lini sentral tak perlu diragukan lagi. Visi bermain dan skill mumpuni, membuatnya jadi salah satu gelandang terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini.

Nyatanya Garuda Muda tampak kesulitan mengembangkan permainan saat Evan absen lawan Vietnam, di mana penguasaan bola Indonesia hanya 36 persen. Bandingkan dengan ketika lawan Thailand saat Evan main, Indonesia berhasil mencatat ball possesion 51 persen. Ini membuktikan perannya dalam mengatur tempo dan serangan sangat dibutuhkan tim Merah Putih.

Safawi Rasyid (Malaysia)


Ong Kim Swee sudah memastikan Malaysia akan turun dengan kekuatan penuh, termasuk winger Safawi Rasyid. Selain memiliki kecepatan dalam menyisir sisi lapngan, Rasyid juga punya kemampuan melakukan tusukan ke dalam kotak penalti. Jika lepas dari penjagaan, umpannya pun siap memanjakan para penyerang Malaysia.

Prediksi Bola Malam Ini


Dari segi teknik dan kualitas tim, pasukan Luis Milla cukup berpotensi melewati hadangan Malaysia guna meraih tiket final. Namun faktor mental bertanding masih perlu dipertanyakan, terutama dalam hal meredam emosi untuk fokus sepenuhnya ke pertandingan.

Dalam duel panas nanti, Malaysia siap memanfaatkan keuntungan sebagai tuan rumah. Nyatanya suporter Indonesia hanya dapat jatah 10 ribu tiket, sisanya untuk pendukung tuan rumah. Patut diketahui bahwa kapasitas Stadion Shah Alam mencapai 80 ribu tempat duduk.

Fakta itu membuat para Garuda Muda punya tugas non-teknis yang amat berat, yaitu mengatasi tekanan atmosfer pertandingan yang akan berjalan dengan tensi tinggi. Saat ditambah dengan bumbu rivalitas kedua kubu, emosi pemain di lapangan sangat mungkin tersulut.

Meski sulit, penting bagi pemain timnas Indonesia untuk tidak terprovokasi agar tetap mampu menerapkan taktik dan instruksi pelatih di lapangan. Itulah yang membuat Luis Milla mengimbau para pemain agar tidak menganggap duel ini sebagai sesuatu yang spesial, melainkan sama dengan laga-laga lain.

Jika sanggup melakukannya, Indonesia diprediksi akan menyingkirkan tuan rumah Malaysia dengan kemenangan 2-1. Bagaimana dengan prediksi Anda?

SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post