10 Klub Besar Sepakbola Paling Bernilai Versi Forbes 2017

10 Klub Besar Sepakbola Paling Bernilai Versi Forbes 2017
Manchester United mengklaim posisi puncak sebagai klub paling bernilai. (Getty Images)

Berita Sepakbola - Majalah ekonomi terkemuka dunia, Forbes, kembali merilis daftar sepuluh klub sepakbola paling bernilai pada tahun ini. Untuk edisi kali ini, klub La Liga Spanyol Real Madrid dan Barcelona menempati urutan dua teratas.

Manchester United menjadi klub sepak bola paling bernilai di seluruh dunia dengan nilai pasar 2,86 miliar poundsterling atau setara Rp 49,01 triliun, seperti dilansir Forbes pada Selasa (21/6/2017).

"Kembalinya Manchester United ke puncak adalah bukti ketenaran dan ketajaman pemasaran mereka yang begitu hebat," kata Mike Ozanian, selaku Asisten Pemimpin Redaksi Forbes Media.

Prestasi itu disinyalir meningkatkan nilai pasar Manchester United. Ini untuk kali pertama dalam lima tahun, Manchester United menduduki peringkat pertama kategori itu.

Dua klub Spanyol, Barcelona dan Real Madrid berada di bawah Manchester United. Real Madrid harus turun dua peringkat ke posisi ketiga setelah sempat empat tahun beruntun menjadi klub paling bernilai di dunia.

Menurut Forbes, Barcelona ditaksir mempunyai nilai sebesar £2,82 miliar, atau unggul sedikit ketimbang pesaing beratnya seperti Real Madrid yang hanya memiliki harga sebesar £2,77 miliar.

Sementara itu, tempat ketiga masih ditempati oleh Real Madrid, yang sukses mempertahankan posisinya meski di musim ini mengalami keterpurukan setelah gagal di semua ajang, dengan taksiran nilai mencapai £2,77 miliar.

Manchester United menjadi satu dari beberapa klub Inggris yang mendominasi 10 besar kategori klub sepak bola paling bernilai di dunia. Di posisi kelima ditempati Manchester City dan diikuti Arsenal (6), Chelsea (7), Liverpool (8), serta Tottenham Hotspur (10).

Ada pun, Bayern Munich menjadi klub terakhir yang nilainya mencapai £2,10 miliar lebih selagi enam klub lainnya memiliki nilai yang berada jauh di bawahnya. serta di posisi 10 besar masih diduduki Juventus di peringkat ke 9.

Berikut sepuluh besar klub paling bernilai versi Forbes selengkapnya:

1. Manchester United (Premier League) - 2,86 Miliar Poundsterling. 
2. Barcelona (La Liga) - 2,82 Miliar Poundsterling.
3. Real Madrid (La Liga) - 2,77 Miliar Poundsterling.
4. Bayern Munchen (Bundesliga) - 2,10 Miliar Poundsterling.
5. Manchester City (Premier League) - 1,61 Miliar Poundsterling.
6. Arsenal (Premier League) - 1,50 Miliar Poundsterling.
7. Chelsea (Premier League) - 1,43 Miliar Poundsterling.
8. Liverpool (Premier League) - 1,15 Miliar Poundsterling.
9. Juventus (Serie A) - 976 Juta Poundsterling.
10. Tottenham (Premier League) - 821 Juta Poundsterling.
Previous Post
Next Post
Related Posts