Ventura Tetap Optimis, Walau Timnas Italia Dikalahkan Prancis

Pelatih tim nasional Italia Giampiero Ventura
Pelatih tim nasional Italia Giampiero Ventura. sumber foto: Bola.com

Berita Sepakbola - Walaupun Timnas Italia kalah 1-3 dalam laga ujicoba melawan Prancis. Meski hasilnya negatif, pelatih tim nasional Italia Giampiero Ventura justru melihat banyak hal positif.

Dilansir dalam Berita Bola Italia tertinggal lebih dulu ketika di menit ke-17 Anthony Martial menjebol gawang Gianluigi Buffon, dalam laga di Stadio Comunale San Nicola, Jumat (2/9/2016) dinihari WIB. Sebuah gol dari Graziano Pelle lantas kembali menyamakan kedudukan empat menit berselang.

Gli Azzurri kembali tertinggal usai dibobol Olivier Giroud di menit ke-28. Gol Layvin Kurzawa ke gawang Gianluigi Donnarumma di menit ke-81 menegaskan kemenangan tim tamu.

Italia tampil lebih dominan dalam penguasaan bola pada laga ini, dengan persentase mencapai 60%. Namun demikian mereka lebih minim mencatatkan ancaman, dengan hanya dua dari 12 tembakan yang mengarah ke gawang. Sementara Prancis punya lima dari 10 upaya yang tepat sasaran.

Yang cukup membuat Ventura optimistis adalah, bahwa gol-gol yang bersarang di gawang Italia merupakan kesalahan-kesalahan yang dia yakin amat jarang dilakukan pertahanan Italia. Pada gol pertama, Giorgio Chiellini gagal memotong umpan Paul Pogba.

Sementara pada gol kedua Prancis, Chiellini juga lengah membaca pergerakan Giroud. Ventura percaya diri, dengan lebih banyak waktu bersama, performa Italia akan jauh lebih baik.

"Saya bekerja dengan skuat ini baru tiga hari, jadi dalah hal itu saya cukup puas. Kalau saya menganalisis pertandingannya, kami kebobolan dua gol yang biasanya Italia tidak alami," kata Ventura dikutip Football Italia.

"Itu adalah eror dari, mungkin pemain terbaik Italia di lapangan, dan pada kesalahan kedua saya tidak akan berkomentar. Di babak kedua kami membiarkan hanya sedikit kesempatan untuk lawan, di babak kedua agak lebih banyak. Tapi melawan sebuah tim runner-up Piala Eropa 2016."

"Di sepakbola, hasil-hasil adalah yang dianggap. Tapi saya senang dengan performa yang segigih itu. Optimisme saya datang dari fakta bahwa tidaklah sulit untuk membuat satu langkah ke depan," imbuhnya.

Ventura ditunjuk sebagai pelatih Italia pada 7 Juni lalu, menggantikan Antonio Conte. Laga melawan Prancis ini merupakan partai pertamanya sebagai pelatih timnas. Berikutnya dia akan memimpin Italia menghadapi laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Israel, Selasa (6/9).

SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post